SULSEL  

Mahasiswa Sejarah FIS-H UNM Lakukan Praktik Kuliah Lapang Sejarah Maritim

ENEWSINDONESIA.COM, Sulsel – 35 mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang memprogramkan mata kuliah Sejarah dan Wawasan Kemaritiman Prodi Pendidikan Sejarah melakukan Praktik Kuliah Lapang (PKL) di Kota Makassar tepatnya di Pelabuhan Paotere dan di Kabupaten Gowa di lokasi Nelayan Barombong serta PPI Beba Galesong, Kabupaten Takalar, Sabtu (19 Maret 2022).

Amirullah selaku dosen pembimbing sekaligus Kepala Lab. Jurusan Pendidikan Sejarah dan IPS sangat mengapresiasi kegiatan PKL ini dan menghimbau tetap mematuhi Protokol Kesehatan selama PKL, karena selama Pandemi Covid 19, kegiatan praktek kuliah lapangan ini terhenti atau tidak pernah digelar lagi.

banner 728x250      
 

“Harapan kami semoga Pandemi ini segera berakhir sehingga kedepannya, Mata Kuliah yang ada kegiatan PKLnya bisa kembali normal dilaksanakan,” ujar Amirullah.

Lanjut Amirullah, kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan perkuliahan yang secara langsung mahasiswa bisa melihat aktivitas kemaritiman di lokasi PKL dan melakukan wawancara kepada Pasompe, buruh dan menggali sejarah Pelabuhan Paotere, Nelayan Barombong dan aktivitas pelelangan ikan di PPI Beba Galesong.

Peserta PKL terlihat sangat antusias dalam melakukan wawancara kepada para narasumber terutama dipelabuhan Paotere.

Salah satu peserta PKL, Magfirah mengungkapkan kegembiraannya mengikuti kegiatan PKL ini.

“Kami sangat senang dengan PKL ini karna kami bisa secara langsung menyaksikan bongkar muat barang di pelabuhan serta bisa naik di perahu Pinisi yang sudah menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan,” ungkap Magfirah.

Ikra selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan PKL ini menjadi awal pembelajaran dan latihan bagi mereka selaku mahasiswa di saat akan menyusun skripsinya nanti.

Sekedar informasi, Dosen Pengampuh mata kuliah tersebut adalah: Dr. Najamuddin, M.Hum, Drs. La Malihu, M.Hum dan Amirullah, S.Pd, M.Pd. (*)

banner 728x250   banner 728x250  

Tinggalkan Balasan