banner 728x250
KPU, Sulbar  

KPU Pasangkayu Gelar Forum Warga Berbasis Keluarga

KPU Pasangkayu Gelar Forum Warga Berbasis Keluarga
Foto : KPU Pasangkayu Gelar Forum Warga Berbasis Keluarga

PASANGKAYU, ENEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat akan menggelar pemilihan Serentak pada 9 Desember Tahun 2020. Sebuah Langkah progres yang dilakukan oleh KPU Pasangkayu ini dengan menggelar Forum Warga Berbasis Keluarga bertempat di Aula Kantor Kecamatan Dapurang.

Partisipasi masyarakat dalam setiap pemilihan umum memiliki peran sangat urgen. Keterlibatan pemilih atau warga secara aktif memberi legitimasi yang kuat terhadap kualitas demokrasi di Indonesia khususnya bagi penyelenggra pemilu dalam hal ini KPU.

banner 728x250

Demikian halnya program yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat yang akan menggelar Pemilihan Serentak pada 9 Desember 2020. Bertempat di aula Kantor Kecamatan Dapurang, sebuah Forum Warga Berbasis Keluarga digelar.

Puluhan warga dari berbagai elemen menghadiri forum warga ini, termasuk Camat Dapurang, Syamsuddin, tokoh masyarakat dan perempuan, jajaran PPK serta Panwascam Dapurang.

“Kita berharap warga pemilih terus berpartisipasi aktif untuk mewujudkan pemilihan kepala daerah yang makin berkualitas,” ujar Alamsyah anggota KPU Kabupaten Pasangkayu di Dapurang, Selasa (25/8/2020).

Alat ukur kesuksesan pemilihan dapat dilihat dari berapa tinggi partisipasi masyarakat di setiap wilayah. Syamsuddin menekankan pentingnya aparat pemerintahan hingga ke tingkat desa tetap menjaga netralitas.

“Ya, secara bersama-sama kita memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan tingkat partisipasi di wilayah kita ini,” kata Camat Dapurang, Syamsuddin saat berbicara di depan forum warga.

Forum ini juga dihadiri narasumber dari Polres Pasangkayu, yang diwakili Kasat Reskrim AKP Pandu Arif Setyawan. AKP Pandu mengantar materi bertajuk “Sinergitas Polri, Penyelenggara Pemilihan dan Tokoh Masyarakat Dalam Mewujudkan Pilkada Damai.”

Koordinator Wilayah Pasangkayu, Adi Arwan Alimin, yang juga Koordiv Pendidikan Pemilihan dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Sulbar pun menyampaikan materi berkaitan “Kebebasan Berpendapat Media Sosial dan Peningkatan Kualitas Pendidikan Pemilih.”

“Untuk menambah wawasan kepemiliuan warga pemilih, khususnya sosialisasi tahapan Pemilihan Serentak 2020. Forum ini juga memiliki fungsi untuk menjaring sejumlah pandangan atau pendapat warga mengenai peningkatan kualitas pemilihan di Pasangkayu,” ujar Adi Arwan Alimin.

Forum Warga Berbasis Keluarga menurut rencana akan dilaksanakan dari tanggal 25 sampai 29 Agustus pada seluruh kecamatan di kabupaten paling utara Sulbar ini. (HH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *