Jokowi Tinjau Program Pompanisasi Sawah Tadah Hujan di Bone

Foto: Presiden RI Joko Widodo saat berkunjung di Desa Jaling, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, Kamis 4 Juli 2024. (Dok. Enews)

ENEWSINDONESIA.COM, BONE ▪︎ Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Kamis 4 Juli 2024.

Sekira pukul 11.00 Wita, Jokowi tiba di bandara Arung Palakka, Kabupaten Bone, lalu melanjutkan perjalanan darat ke Desa Jaling, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone untuk meninjau lokasi pertanian di daerah tersebut.

banner 728x250      
 

Di Desa Jaling, Jokowi meninjau program pompanisasi sawah tadah hujan. Jokowi disambut antusias masyarakat setempat. Namun sayangnya, wartawan tak diberi kesempatan untuk wawancara kepada Presiden dua periode itu.

Terlihat Jokowi didampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman beserta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Kadis Pertanian Bone Andi Asman Sulaiman menjelaskan, ada beberapa hal yang menjadi program Presiden Jokowi terutama terkait pompanisasi pertanian.

Ia menyebut bahwa luas lahan yang dikunjungi Jokowi di Bone yakni 2.7000 Ha namun keseluruhan yakni 119.278 Ha dan membutuhkan 300 unit pompa air.

“Pompanisasi ini akan dicanangkan di Kabupaten Bone, mari kita sambut dan jaga bersama program tersebut agar meningkatkan produksi petani,” ujarnya di hadapan awak media.

Dari data yang dihimpun, alokasi alsintan untuk Kabupatem Bone sejak tahun 2019 hingga 2024 yaitu: Cultivator 95 unit, pompa air 603 unit, traktor crawler 2 unit, hand sprayer 10.380 unit, traktor roda empat 101 unit, traktor roda dua 572 unit, transplanter 11 unit, kendaraan roda tiga 8 unit.

Setelah mengunjungi Desa Jaling, Jokowi menuju Pasar Palakka Kabupaten Bone untuk mengecek secara langsung harga bahan pokok.

Setelah melakukan kunjungan di sejumlah wilayah di kabupaten Bone, Jokowi melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Sinjai melalui jalur darat dengan mobil dinas kepresidenan.

Informasi dari beberapa sumber presiden sebelumnya makan siang bersama rombongan di warung makan Bin Karim, kecamatan Palakka, kabupaten Bone dan sekitar pukul 14:27 Jokowi meninggalkan kabupaten Bone menuju Sinjai melalui jalur darat.

Dalam kunjungan kerjanya di Sulsel, Presiden diagendakan berkunjung ke Kabupaten Bone, Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, dan Takalar.

(Abdul Muhaimin)

banner 728x250   banner 728x250   banner 728x250  

Tinggalkan Balasan