Jokowi: Pj Kepala Jangan Intervensi Apapun, Netral pada Pemilu 2024

Foto: Para Penjabat Kepala Daerah saat di istana negara. (Red)

ENEWSINDONESIA.COM, BONE — Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menggelar Pelaksanaan Rapat Koordinasi Bersama dengan para penjabat (Pj) kepala daerah seluruh Indonesia.

Rakor tersebut digelar di Istana Negara juga dihadiri Mendagri RI Muhammad Tito Karnavian dan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mendampingi presiden RI, Senin (30/10/2023).

   
 

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka pemantapan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik serta mengoptimalkan implementasi program strategis nasional.

Dalam kesempatan tersebut,
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi instruksi langsung kepada ratusan penjabat (Pj.) kepala daerah agar netral pada Pemilu Serentak 2024.

Jokowi ingin para penjabat kepala daerah membantu KPU dan Bawaslu dalam penyelenggaraan pemilu.

“Tidak intervensi apa pun. Membantu. Anggaran segera disegerakan. Dan juga saya minta jangan sampai memihak,” kata Jokowi di Istana Negara.

Jokowi mengingatkan semua gerak-gerik penjabat kepala daerah dipantau publik.

Lajutnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memantau kinerja setiap penjabat kepala daerah tiga bulan sekali. Jokowi pun ikut memantau kerja para penjabat kepala daerah setiap hari.

Jokowi meminta penjabat kepala daerah mengikuti setiap arahan yang telah diberikan. Dia akan menindak tegas kepala daerah yang melakukan pelanggaran.

Sekedar diketahui, Jokowi mengumpulkan 197 kepala daerah di Istana Negara, Jakarta hari ini. Sebanyak 194 orang pj. kepala daerah hadir di Pengarahan Presiden RI kepada Para Penjabat Kepala Daerah se-Indonesia.

Mereka yang hadir terdiri dari 23 penjabat gubernur, 37 penjabat wali kota, serta 133 penjabat bupati. (*)

banner 728x250    banner 728x250  

Tinggalkan Balasan