Bone  

Jelang Idul Fitri 2024, SPBU di Bone Disidak Polisi

Foto: Iptu Muh Yusfin saat mengecek takaran bensin di salah satu SPBU di Bone.

ENEWSINDONESIA.COM, BONE ▪︎ Kecurangan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) marak terjadi akahir-akhir ini. Mulai dari pertalite dicampur air hingga switch di dispenser dan berbagai macam modus kecurangan lainnya untuk merauo keuntangan.

Seperti yang ditemukan Tim dari Kementerian Perdagangan ketika memeriksa pompa bensin bernomor 34.41345 di Rest Area KM 42 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, menemukan switch di tiga dari delapan dispenser di pompa bensin tersebut.

   
 

Alat tersebut (switch) untuk mengatur agar dispenser mengucurkan BBM kurang dari takaran seharusnya, sehingga merugikan konsumen.

Melihat hal itu, Tim Gabungan Sat Intelkam dan Sat Reskrim Polres Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah SPBU di Kabupaten Bone.

“Sidak ini untuk memastikan bahwa tidak ada kecurangan terkait BBM yang dapat merugikan pemudik saat mudik lebaran Idul Fitri mendatang dengan memeriksa BBM bersubsidi dan non-subsidi serta melakukan evaluasi terhadap operasional mesin dispenser BBM,” jelas Kasat Intelkam Polres Bone IPTU Muh Yufsin melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Enewsindonesia.com, Selasa 2 April 2024.

Lebih lanjut Yufsin menjelaskan, pengecekan ini dilakukan untuk memastikan keakuratan timbangan, takaran, dan meteran yang digunakan dalam transaksi perdagangan.

“Hal ini bertujuan untuk menghindari praktik kecurangan dan memastikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” katanya.

Di saat yang sama, Kanit Ekonomi Polres Bone Iptu Adi Asrul yang juga hadir dalam sidak tersebut menyampaikan, hasil pemantauan menunjukkan bahwa stok BBM bersubsidi maupun non-subsidi di SPBU wilayah Polres Bone mencukupi kebutuhan masyarakat, tanpa mengalami kelangkaan atau antrean yang berlebihan.

Selain itu kata Adi Asrul, Polres Bone juga akan terus melakukan patroli dialogis untuk menjaga kondusifitas masyarakat menjelang bulan suci Ramadan dan musim mudik lebaran.

“Guna memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat dalam berkendara serta saat mengisi BBM di SPBU Kabupaten Bone,” tutupnya.

banner 728x250    banner 728x250