47 Ekor Sapi Dipotong Massal di Patimpeng, Ini Penyebabnya

ENEWSINDONESIA.COM, BONE – Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) semakin meluas di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Ratusan sapi terjangkit PMK. Bahkan 47 diantaranya sudah dipotong bersyarat.

Dua desa yang menjadi lokasi wabah penyakit PMK di Kabupaten Bone, yakni Desa Massila dan Desa Masago Kecamatan Patimpeng. Kecamatan Patimpeng ini merupakan bagian selatan Kabupaten Bone, berjarak sekitar 70 kilometer dari ibu Kota Watampone.

   
 

Kecamatan ini salah satu kecamatan produksi sapi terbesar di Bumi Arung Palakka, Kabupaten Bone.

Salah satu warga Massila, Bimbim mengungkapkan bahwa pemotongan sapi massal tersebut diadakan tadi malam, Rabu (10/8/2022).

“Sapinya pak desa banyak yang dipotong, semua rata mendapat kompensasi 10 juta rupiah per ekor. Alhamdulillah sapi saya masih sehat – sehat semua,” katanya.

Kepala Desa (Kades) Massila Kecamatan Patimpeng Arman menuturkan sudah ratusan sapi dua desa bertetangga, Desa Masila – Masago terjangkit penyakit PMK.

“Datanya itu dua desa ini sudah 368 kasus sapi yang terjangkit PMK,” kata Kades Masila Arman yang ditemui di Posko Penanganan PMK Bone di Kantor Desa Masila, Kamis (11/8/2022).

Bahkan kata dia, sudah puluhan sapi yang terjangkit PMK juga sudah dipotong bersyarat.

“Jumlahnya itu 47 kasus yang dipotong bersyarat dengan dijanjikan asuransi penggantian uang, mau bagaimana lagi, peternak mau demi untuk memutus mata rantai penyakit PMK di sini,” kata Arman.

Terpisah, Camat Patimpeng A Yunan Helmi menyebutkan kasus pemotongan bersyarat dengan asuransi sudah dilakukan.

“Sudah banyak yang dipotong, jumlahnya itu kalau sapi sebanyak Rp 10 juta per ekor, jika kambing Rp 5 juta per ekor,” kata Andi Yunan.

Diketahui, Pemkab Bone pun sudah menerapkan lockdown ternak atau menutup lalu lintas keluar masuk suplai sapi di Bone.

Awalnya kasus pertama ditemukan di Desa Massila, kemudian di tetangga desanya, Desa Masago Kecamatan Patimpeng. Diduga pembawa awalnya kerbau yang hendak dijual ke Toraja, namun tidak laku hingga kembali ke Bone. Kerbau itu kemudian pembawa penyakit PMK di Bone.

banner 728x250    banner 728x250  

Tinggalkan Balasan