Gerakan Sadar Wisata, Aman dan Ramah Adalah Daya Tarik Wisatawan

Foto: Rusmin Nuryadin. (Dok. Mimin)

ENEWSINDONESIA.COM, BONE – Dalam upaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan Sadar Wisata.

Kegiatan tersebut digelar di salah satu hotel di bilangan Jalan Ahmad Yani, Kota Watampone, Sabtu (18/3/2023).

   
 

Kegiatan ini dihadiri anggota DPR RI Komisi X Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Drs. Andi Muawiyah Ramly, Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Kemenparekraf Dr. Hidayat dan Undhan Sevisari, narasumber profesional Rusmin Nuryadin dan peserta Bimtek.

Pejabat Fungsional Kemenparekraf Undhan Sevisari menyampaikan bahwa pariwisata harus dikelola sedimikian rupa untuk menarik wisatawan. Dalam pengembangan pariwisata, masyarakat harus ikut andil di dalamnya.

Foto: Undhan Sevisari. (Dok. Mimin)

“Tentunya SDMnya harus ditingkatkan. Salah satunya yakni dengan memberikan bimbingan teknis,” imbuhnya.

Sementara, Andi Muawiyah Ramli yang dikenal dengan sapaan Puang Amure, berharap Bimtek tersebut bisa difollow up.

Menurut dia, pariwisata bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata tetapi juga butuh peran serta masyarakat khususnya para duta wisata.

Foto: Andi Muawiyah Ramli. (Dok. Mimin)

Namun ada pemandangan menarik menjelang akhir sambutan Puang Amure, dirinya sempat memperlihatkan ekspresi kekecewaannya dengan ketidak hadiran Kadis Pariwisata atau yang mewakili Pemerintah Kabupaten Bone.

“Kami sudah perjuangkan agar program Pariwisata bisa masuk di Kabupaten Bone ini. Tidak mudah mendapatkan program ini, tapi tidak ada satupun yang hadir dari Pemkab meskipun yang mewakili juga tidak ada,” ucapnya kesal.

Ia berharap, Pemkab bisa memberikan perhatian terhadap program-program yang diperjuangkan di pusat untuk bisa memajukan Kabupaten Bone.

Andi Muawiyah Ramli pun membuka acara tersebut dengan resmi lalu kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi Bimtek yang diisi oleh Rusmin Nuryadin selaku narasumber profesional.

Berapa materi yang sempat disampaikan Rusmin selaku narasumber bahwa ada tujuh unsur Sapta Pesona di era Society 5.0 yakni: aman, bersih, indah, tertib, sejuk, ramah, kenangan.

“Jika bapak ibu kedatangan tamu, yang pertama dinilai adalah keramahan bapak ibu dalam menyambut mereka,” imbuhnya. (Abdul Muhaimin)

banner 728x250    banner 728x250  

Tinggalkan Balasan