Bone Raih 6 Juara di FTBI Tingkat SD se-Sulselbar

Foto: Para siswa (i) pemenag di FTBI tingkat SD asal Kabupaten Bone. (Red)

ENEWSINDONESIA.COM, MAKASSAR — Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan Barat yang diselenggarakan oleh Badan Bahasa bekerjasama Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan mulai tanggal 09 hingga 11 November 2023 di Makassar resmi ditutup.

Pergelaran ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan pelestarian bahasa daerah di wilayah Sulawesi Selatan dan Barat, yang memperlombakan 5 cabang, yaitu lomba Pidato, mendongeng, cerpen dan lomba stand up comedy tunggal.

     
 

Dinas pendidikan Kabupaten Bone mengutus 10 perwakilan siswa (i) terbaik hasil seleksi FTBI tingkat Kabupaten Bone menjadi duta pada Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) jenjang Sekolah Dasar Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan Barat.

Dari 10 siswa (i) yang menjadi duta Kabupaten Bone, 6 orang diantaranya berhasil meraih juara pada FTBI tingkat Provinsi Sulawesi Selatan jenjang Sekolah Dasar Tahun 2023, dengan rincian pemenang:

1. Lomba Pidato Putri
juara 1 SDN 124 Mampotu Amali An. Damara Ramadhani;

2. Lomba Cerpen Putra
juara 2 SDN 36 Mattanete Bua Palakka An. Ahmad Muzaki Habibi;

3. Lomba Pidato Putra
juara 3 SD Inp 12/79 Pakkasalo Sibulue An. Andi Hamza Mappesompa;

4. Lomba Komedi Putri
juara 3 SDN 232 Tadangpalie Sibulue An. Putri Nabila;

5. Lomba Cerpen Putri
juara 3 SD Inp 12/79 Tunreng Tellue Sibulue An. Hasmiranda;

6. Lomba Dongeng Putra
juara 4 SD Inp 6/75 Pattiro Dua Boccoe An. Radit MahdiLutvi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, A. Fajaruddin, menuturkan bahwa keberhasilan siswa (i) Sekolah Dasar menyabet enam juara pada FTBI Sulselbar berkat kerjasama, sinergitas, dan kolaborasi semua pihak dalam pembinaan dan pengembangan bakat dan potensi peserta didik.

Dikatakannya, pencapaian tersebut adalah sukses yang kedua kalinya setelah beberapa hari yang lalu siswa (i) SMP yg menjadi duta Kabupaten bone juga mempersembahkan 4 juara pada FTBI jenjang SMP tingkat Prov Sulselbar Tahun 2023.

“Harapan kami, prestasi yang diraih ini menjadi pendorong semangat bagi siswa (i) lainnya untuk terus berkreasi mengembangkan potensi diri. Saya juga berharap guru2 pengampu bahasa daerah dan sekolah-sekolah terus menggalakkan kegiatan-kegiatan pembinaan dan pengembangan talenta peserta didik,” kata Kadisdik Bone. (Red)

banner 728x250    banner 728x250  

Tinggalkan Balasan