Abdul Rahim: Membangun Desa MARASA Perlu Perhatian Serius Dari Pemerintah

  • Bagikan
Abdul Rahim Wakil Ketua DPRD Sulbar

ENEWSINDONESIA.COM, POLMAN – Program MARASA (Mandiri, Cerdas dan Sehat) merupakan program unggulan pemerintah Provinsi Sulawesi Barat untuk mengangkat status desa, dari desa tertinggal menjadi desa maju dan berkembang.

Wakil Ketua DPRD Sulbar Abdul Rahim mengatakan bahwa program Marasa ini adalah program yang visioner karena basis pemerintahan kita ada pada pemerintahan desa, dan seluruh problematika ada di desa, persoalan kemiskinan, pengangguran, layanan kesehatan dan pendidikan itu ada di desa.

Program Marasa ini lahir untuk bagaimana desa kita di Sulbar ini mengedepankan aspek kemandirian, kecerdasan dan kesehatan karena ketika desa kuat pasti Negara juga kuat.

“Kalau kita berbicara Mandiri maka bagaimana desa itu mempunyai ketersediaan akses terhadap pelayanan dasar, seperti infrastruktur yang memadai, pelayanan umum yang bagus dan juga penyelenggaraan pemerintahan yang baik,” ungkapnya, Minggu (14/11/2021).

Lebih lanjut anggota DPRD itu menyampaikan, sekarang desa juga sudah memiliki Dana Desa yang di transfer lansung dari pusat Kementrian Desa dan itu yang harus di maksimalkan demi kemjuan desa.

“Membangun desa memang perlu support atau perhatian serius dari pemerintah daerah dan provinsi untuk menunjang desa Marasa. Karena untuk memperbaiki suatu daerah itu harusnya mulai dari desa baru ke kota,” ucap Abdul Rahim.

Mulai dari aspek Cerdas itu kita berbicara tentang bagaimana layanan pendidikan di desa dengan perbaikan sarana pendidikannya agar anak-anak kita tenang dalam menerima pelajaran dan juga peningkatan mutu dan kuwalitas tenaga pendidik.

Sementara aspek Sehat hampir sama dengan layanan pendidikan bagaimana layanan inprastruktur dan suprastruktur harus dibenahi sebagai salah satu penunjang aspek peningkatan layanan kesehatan.

“Program Marasa ini perlu kita support, berikan dukungan agar fokus pada pendekatan aspek ekonomi masyarakat dengan melakukan kegiatan yang tepat sasaran dengan menyentuh lansung bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat di desa,” pungkas tokoh muda pejunag pembentukan Sulbar itu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *