50% Lebih Penduduk Bone Tercover BPJS Kesehatan Kategori Masyarakat Miskin

Foto: Sekda Bone Andi Islamuddin (baju putih kiri) dan Kepala BPJS Kesehatan Bone Indira Azis (di samping pak sekda) bersama jajarannya. (Dok: Abdul Muhaimin)

ENEWSINDONESIA.COM, BONE – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan beberapa instansi swasta menggelar rapat pemutakhiran data peserta dan rekonsiliasi penerimaan iuran Triwulan III 2022.

Kegiatan tersebut digelar di salah satu Cafe di Jalan Jendral Sudirman, kota Watampone, Rabu (26/10/2022).

banner 728x250      
 

Sekertaris Daerah (Sekda) Bone, Andi Islamuddin menerangkan bahwa pada rapat yang digelar membuahkan hasil beberapa perbaikan data.

“Kami sudah tanda tangani berita acara bersama terkait pemutakhiran data tersebut,” ujarnya.

Sekda menyebut, pemutakhiran data ini 100 persen valid. Untuk jumlah kepesertaan JKN di Kabupaten Bone dari APBN sejumlah 300 ribu lebih.

“Lalu kemudian untuk APBD itu sebanyak 2 ratus 11 ribu. Jadi jumlah kepesertaan BPJS se Kabupaten Bone dari keluarga miskin itu 561 sekian,” sebutnya.

Lebih jauh Sekda mengatakan, lebih dari 50 persen jumlah dari penduduk Kabupaten Bone ini tercover BPJS dengan kategori masyarakat miskin.

“Iurannya dibayarkan baik melalui APBN maupun dari APBD,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bone, Indira Azis Rumalutur bahwa kegiatan rekonsiliasi ini rutin dilakukan oleh pihaknya.

“Gunanya agar kepesertaan dan pencatatan iuran baik yang dicatat oleh Pemda, BPJS Kesehatan, maupun yang dicatat oleh negara itu bisa sama datanya,” ungkapnya.

Kalaupun ada perbedaan, lanjut Indira, maka pihaknya bersama pihak berwenang lain akan mereview bersama.

“Kegiatan seperti ini paling rutin dilaksanakam setiap 3 bulan sekali untuk memastikan jumlah kepesertaan terakui, dan iuran yang kita tagihkan terbayarkan itu valid,” pungkasnya.

banner 728x250   banner 728x250  

Tinggalkan Balasan