2353 Personel Gabungan Diterjunkan dalam Pengamanan Pilkades di Bone

Foto: Tim gabungan pengamanan Pilkades di Bone

ENEWSINDONESIA.COM, BONE – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak jilid dua sisa menghitung hari yakni akan digelar pada tanggal 24 November 2022.

Pemerintah Daerah (Pemda) Bone memstikan Pilkades berjalan tertib. 2353 personel gabungan diturunkan untuk pengamanan.

 
 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Bone, Andi Akbar mengatakan untuk pengamanan ini dilakukan terpadu terdiri dari unsur TNI, Polres, Brimob, Satpol PP, dan Linmas. Dan untuk jumlah personal yang dipersiapkan ada 2353 orang.

“Untuk rincinnya satpol 433, TNI 454, Polres 525, Brimob 75, Linmas 866. Mereka mulai bertugas hari rabu sampai Jum’at,” terangnya saat gelaran apel kesiapan pasukan pengamanan Pilkades, Senin (21/11/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dalam pengamanan juga telah dilakukan pembagian tugasnya, yakni dalama satu TPS ada satu TNI, Satu Polri, Satu Pol PP, dan Dua Linmas.

“Kita berharap Pilkades ini bisa berjalan baik, dan kondusif, sehingga pilkades serentak di Kabupaten Bone bisa menjadi yang terbaik di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Terpisah, Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Kompol Nur Ichsan, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa Batalyon C mengerahkan pasukan sebanyak 1 SSK sesuai permintaan bantuan pengamanan dari Polres Bone.

Danyon C Pelopor yang turut hadir dalam apel pergeseran pasukan menegaskan terkait kesiapan Batalyon C Pelopor dalam mengamankan Polkades serentak ini baik dari segi personel maupun sarana dan prasana pendukungnya.

“Pada dasar Brimob Bone siap mendukung jalannya Pilkades yang aman, tertib dan lancar yang pada akhirnya menghasilkan pemimpin yang siap memajukan desanya, pilihan boleh beda namun kondusifitas kamtibmas harus tetap terjaga,” ujar Nur Ichsan.

“Untuk memudahkan mobilisasi pasukan, personel diploting di beberapa Kecamatan yakni Ulaweng, Amali, Lapri, Tonra dan Kahu serta disiapkan tim patroli bermotor yang distandbykan di Mapolres Bone,” tambahnya.

Dalam proses pengamanan, Danyon berpesan kepada seluruh anggota untuk menjaga profesionalisme dan netralitas serta memberikan rasa aman kepada petugas penyelenggara pemilihan dan masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya.

“Saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik dan bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas agar tetap kondusif hingga pasca pemilihan nantinya,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Pilkades serentak ini akan berlangsung di 141 Desa yang tersebar di 23 Kecamatan se Kabupaten Bone dengan jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) sebanyak 534 titik. (*)

Editor: Abdul Muhaimin

Tinggalkan Balasan

error: waiittt