banner 728x250
Bone  

Rumah Dongeng Bone Inisiasi Pertemuan Para Pegiat Literasi Bone dan Sinjai

ENEWSINDONESIA.COM, BONE | Rumah Dongeng Bone telah menginisiasi pertemuan antara pegiat literasi yang mengelola Taman Baca Masyarakat (TBM) dari Kabupaten Bone dan Kabupaten Sinjai yang di laksanakan di Kafe Magaya Jalan Ahmad Yani, Watampone, Kabupaten Bone, Jum’at (25/12/2020).

Kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi para pegiat literasi yang berasal dari berbagai macam komunitas literasi seperti; Taman Baca Anak Arung, Taman Baca Rumi, Taman Baca Sahaba, Komunitas Rumah Dongeng Sinjai, Komunitas Rumah Dongeng Chapter Bone, Komunitas Marennu dan Kampung Lontara.

banner 728x250

“Kegiatan pertemuan ini tujuannya untuk silaturahmi sesama pegiat literasi Bone-Sinjai sekaligus membahas payung organisasi untuk taman baca di Bone, mengingat selama ini teman-teman pegiat di Bone jalan masing-masing. Oleh karena itu, untuk menyatukan para pegiat maka perlu membentuk satu payung organisasi yang sama yaitu Forum Taman Baca Masyarakat,” tutur Andi Sinar Alam, Founder Rumah Dongeng Chapter Bone kepada Enewsindonesia.com dilokasi acara.

Dalam kegiatan ini setiap pegiat literasi juga saling bertukar informasi mengenai berbagai macam hal yang berkaitan dengan perkembangan literasi seperti manajemen pengelolaan taman baca masyarakat, berbagi buku, serta berbagi semangat untuk terus bergerak menyebarkan gaung literasi ke berbagai pelosok daerah.

“Rencana kedepannya kami akan membentuk forum taman bacaan di Bone dengan harapan kita sesama pegiat literasi lebih terstruktur bergerak ke pelosok-pelosok yang lebih membutuhkan pegiat, mengingat minat baca di Bone masih rendah,” lanjutnya.

Hal yang unik dari kegiatan silaturahmi pegiat literasi ini yakni dalam diri pegiat literasi itu sendiri memiliki berbagai bakat dan kemampuan mulai dari kemampuan mendongeng, jurnalis, hingga menguasai berbagai bahasa dari negara yang berbeda-beda. Hal ini membuktikan kualitas dan multitalenta pegiat literasi dalam meningkatkan minat literasi ke berbagai kalangan.

“Selain silaturahmi juga membicarakan tekhnis kegiatan dalam rangka pembentukan Rumah Dongeng Bone. Selain itu mencoba mengadvokasi teman-teman pegiat Literasi di Bone untuk pembentukan Forum TBM Kabupaten Bone. Insyaa Allah, tanggal 02 Januari 2021, ada kegiatan Dongeng bersama dalam rangka launching Rumah Dongeng Bone,” terang Mirfayani Mirsal, Ketua Rumah Dongeng Sinjai, Jum’at (26/12/2020).

Kegiatan ini di akhiri dengan mengunjungi salah satu Sekretariat dari komunitas literasi yang ada di Bone yakni Kampung Lontara. Kampung Lontara ini juga salah satu komunitas yang sangat aktif dalam menyuarakan literasi ke berbagai pelosok daerah dengan membentuk sekolah alam.

“Kegiatan teman-teman sangat keren seperti Kampung Lontara yang memiliki sekolah alam dengan materi utama kearifan lokal yaitu bahasa daerah Bugis. Kedepannya saya berharap teman-teman pengelola TBM yang ada di Kabupaten Bone bisa bersatu dan mengadakan pemilihan pengurus untuk pembentukan PD Forum TBM sebagai wadah berhimpun, dan ruang komunikasi bagi teman teman pengelola TBM dan pegiat literasi. Sebab, jika kegiatan literasi dilakukan secara sendiri sendiri sangat berat dan gaungnya tidak begitu nampak. Tetapi, jika dilakukan bersama sama, apapun yang terasa berat akan menjadi ringan dan nampak di masyarakat. Dengan adanya Forum TBM kita bisa berkolaborasi berkegiatan bersama sama,” tutup Ketua Rumah Dongeng Sinjai.

Reporter : Jeni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *