Bone  

Pemda Bone akan Gelar Jumpa Pers Terkait Polemik Pembangunan Bola Soba

Foto: Gambar rencana bentuk Bola Soba yang akan dibangun Pemda Bone. (Red)

ENEWSINDONESIA.COM, BONE — Semenjak terbakarnya Rumah Adat Bone Bola Soba pada 20 Maret 2021 lalu, asa pemerintah Kabupaten Bone untuk membangunnya kembali sangat besar namun dirintangi berbagai hambatan dalam pembangunannya.

Rencananya Pemkab Bone akan membangun Bola Soba kembali di tempat yang berbeda yakni di Kecamatan Watang Palakka. Tak sampai di situ, Pemkab Bone bahkan telah mengaggarkan pembangunannya sebesar Rp 12 miliar.

   
 

Namun seiring berjalannya waktu, pembangunan Bola Soba kembali menemui hambatan. Dikabarkan kayu ulin yang akan digunakan membangun Bola Soba tenggelam di perairan Palu, Sulawesi Tengah usai dihantam ombak setinggi 3,5 meter pada Senin, 2 Oktober 2023 lalu.

Kabar tenggelamnya kapal pengangkut kayu ulin tersebut pun menuai sorotan dari sejumlah pihak dan menimbulkan berbagai macam spekulasi di tengah masyarakat Kabupaten Bone.

Menanggapi hal tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Bone, Andi Islamuddin telah memerintahkan Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (DBMCKTR) Kabupaten Bone, Askar untuk menggelar jumpa pers guna menjelaskan lebih detail terkait polemik kayu ulin tersebut.

“Ya, secepatnya kalau bisa besok Jumat (27/10) menggelar konferensi pers. Jadi saya arahkan pihak DBMCKTR menjelaskan mulai dari pengurusan berkas, pengambilan kayu, pemberangkatan dan seterusnya,” ujar Andi Islamuddin kepada Enewsindonesia.com, Kamis (26/10/2023).

Menurutnya, hal itu harus disampaikan ke publik agar tidak menimbulkan banyak syak wasangka di tengah-tengah masyarakat.

“Insya Allah paling lambat hari Senin tapi saya arahkan kalau bisa secepatnya besok. Terkait kontrak pembangunan Bola Soba itu sudah distop/dihentikan,” kata Pj Bupati Bone.

Sementara, Kadis BMCKTR, Askar yang coba dikonfirmasi terkait jadwal pasti gelaran jumpa pers tersebut belum meberikan tanggapan hingga berita ini diterbitkan. (Abdul Muhaimin)

banner 728x250    banner 728x250  

Tinggalkan Balasan