banner 728x250 . banner 728x250

KPID Sulbar Edukasi Siswa Pilah Tontonan Sehat

Enewsindonesia.com, Mamuju : Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulbar gelar literasi Media Goes to School, di Aula SMAN 1 Mamuju, Selasa 5 November 2019.

Literasi media mengusung tema “Ayo Menonton dengan Sehat”. Menghadirkan jurnalis Inews TV, A. Habda Nahyan sebagai narasumber.

banner 728x250

Menurut Ketua KPID Sulbar, April Azhari Hardi, tak semua tontonan televisi layak dikomsumsi siswa. Mereka harus mampu memilah tayangan agar tak terpengaruh pada konten negatif. Di antaranya sara, seks, kriminalitas sosial, dan tayangan tak mendidik lainnya.

“Misalnya ini tayangan dewasa, berarti mereka tidak boleh tonton. Jadi lebih mengedukasi agar konten yang mereka lihat, memang untuk mereka,” kata April Azhari, melalui sambungan telepon.

Meski tupoksi KPID Sulbar hanya menyasar televisi dan radio, namun mereka mengimbau siswa bijak mengikuti perkembangan teknologi. Khususnya pemilihan konten di setiap tayangan secara daring atau online.

“Seperti youtube dan media sosial. Kami tetap ingatkan sebagai upaya mereka bisa lebih bijak menggunakan revolusi teknologi yang kian pesat,” sebutnya.

Selain mengedukasi, kata April Azhari, KPID Sulbar juga hadir untuk menyosialisasikan tupoksinya. Ia meminta siswa ikut berkontribusi dalam mengawasi tayangan televisi.

“Kami sosialisasi juga, bahwa KPID Sulbar ada. Kami siap menerima aduan jika terdapat tayangan yang dinilai tidak sesuai

Koordinator Kelembagaan KPID Sulbar, Sri Ayuningsih mengatakan, kegiatan literasi tersebut akan menyasar sekolah dan kampus yang ada di Sulbar. Namun langkah awal masih seputar sekolah. Jika selesai, literasi kemudian merambah ke perguruan tinggi.

“Kami memperkenalkan KPID dan berbagi pengetahuan tentang bagaimana siswa dan siswi dapat membudayakan tontonan sehat. Sehingga nantinya mereka sebagai motor penggerak dalam mendukung siaran sehat dan berkualitas di Sulbar,” ungkap Sri.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Mamuju, Suriani berterima kasih kepada KPID Sulawesi Barat atas kerjasamanya dan menjadikan SMAN 1 Mamuju sebagai salah satu tempat pelaksanaan literasi media.

“Kami berharap agar anak-anak dapat melaksanakan program literasi di sekolah. Sehingga ke depan anak-anak kami cerdas dan bijak dalam bermedia,” pungkas Suriani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *