Camat Balinggi Pimpin Upacara Hardiknas

Foto: Camat Balinggi, Kabupaten Parigi Moutong (parimo), Sulawesi Tengah, I Gede Widiadha saat menjadi Irup di Upacara Hardiknas. (Dok. Ari)

ENEWSINDONESIA.COM, PARIMO – Camat Balinggi, Kabupaten Parigi Moutong (parimo), Sulawesi Tengah, I Gede Widiadha mengajak semua komponen masyarakat bergerak mewujudkan generasi emas. Program merdeka belajar membawa perubahan besar pendidikan di negeri ini, dengan anak-anak yang tumbuh penuh karakter, mandiri dan inovatif.

“Mari bersama-sama mendukung minat anak kita. Apalagi dengan merdeka belajar, bisa menjadi Indonesia yang kita harapkan: Indonesia dengan sumber daya manusia yang luas biasa,” kata Widiadha Selasa (2/5/2023) pagi.

banner 728x250      
 

Camat Balinggi ini menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Ratusan peserta dari berbagai kalangan, Forkopimcam Balinggi, pendidik, pelajar dan pegawai hadir dalam upacara itu.

Hardiknas tahun ini mengusung tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.

Saat menjadi Irup, Widiadha membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Pesannya antara lain bahwa Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa negeri ini semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

“Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga Setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil,” katanya.

Widiadha menyampaikan lagi bahwa layar yang sudah dibentangkan jangan sampai terlipat lagi. Semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini.

Perjalanan harus dilanjutkan, perjuangan mesti diteruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar- benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

“Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” demikian pesan Nadiem seperti dibacakan Widiadha.

(Ari Syafrul)

banner 728x250   banner 728x250  
Penulis: Ari SyafrulEditor: Abdul Muhaimin

Tinggalkan Balasan