Andi Akhiruddin Minta PDAM Bone Menjadi Perseroda

ENEWSINDONESIA.COM, BONE – Politisi PDI Perjuangan Andi Akhiruddin sebagai Wakil Ketua Pansus 1 Ranperda Perumda Wae Manurung meminta peninjauan ulang transformasi bentuk hukum PDAM Kabupaten Bone menjadi Perseroda Wae Manurung.

Menurutnya, hal tersebut merujuk pada keuntungan dan kerugian bentuk hukum Perumda dan Perseroda. Akhiruddin melihat bahwa dasar utama perubahan bentuk hukum tersebut yakni untuk peningkatan PAD.

banner 728x250      
 

“Harusnya perubahan bentuk hukum tersebut bukan Perumda lebih baik Perseroda apalagi di dalam PP 54 Tahun 2017 yang menjadi dasar perubahan bentuk hukum itu sangat dimungkinkan BUMD bertransformasi menjadi Perseroda,” terangnya, Senin (14/11/2022).

“Baiknya kita jangan latah karena melihat hampir semua daerah kabupaten/kota berubah bentuk hukum jadi Perumda itu yang kita ikuti. Padahal tidak sesuai harapan sebenarnya,” sambungnya.

Dia menambahkan, masing-masing bentuk hukum, baik Perumda maupun Perseroda punya kelebihan dan kekurangan.

“Maka secara garis besar, hal-hal yang dapat menjadi dasar bagi BUMD untuk menentukan bentuk hukumnya adalah dengan memastikan tujuan yang hendak dicapai oleh BUMD dalam menjalankan usahanya,” tegasnya. (*)

banner 728x250   banner 728x250  

Tinggalkan Balasan