banner 728x250

KPw BI Sulsel Helat Seminar Diseminasi Laporan Keuangan

Enewsindonesia.com, Makassar : Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sulawesi Selatan gelar Seminar Diseminasi Laporan Keuangan BI, Lantai IV Baruga Phinisi, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar, Kamis 14 November 2019.

Seminar mengusung tema “Akuntabilitas Dan Tata Kelola Bank Sentral Di Era Keterbukaan Informasi.” Menghadirkan Narasumber, Direktur Departemen Keuangan BI Any Pudjiastuti Arief, Deputi Direktur Departemen Keuangan BI Desianti, Asisten Departemen Pengelolaan BI Huriah, serta Kaprodi S-3 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unhas Anas Iswanto sebagai moderator.

banner 728x250

Menurut Any Pudjiastuti Arief, Kebijakan Akuntansi Keuangan Bank Indonesia (KAKBI) merupakan acuan perlakuan akuntansi atas kondisi keuangan di BI yang di dalamnya telah mengatur keunikan proses bisnis di BI.

“KAKBI juga sendiri disusun oleh komite independen dengan mengacu pada SAK umum, melalui proses yang akuntabel,” kata Any Pudjiastuti.

Asisten Departemen Pengelolaan BI Huriah menjelaskan, ada dua intrumen operasi moneter. Pertama absorpsi atau kontraksi, yaitu intrumen untuk menyerap likuiditas pada saat likuiditas di pasar melebihi yang dibutuhkan.

Sedangkan yang kedua adalah injeksi atau ekspansi yaitu Instrumen untuk menambah likuiditas pada saat likuiditas di pasar kurang dari yang di butuhkan,” tandasnya.

Reporter Kambel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *